program kalkulator sederhana

adsense 336x280
img program kalkulator sederhana
Kalkulator adalah alat bantu yang digunakan manusia untuk memudahkan kita dalam  menghitung operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian ataupun pemangkatan. Dengan adanya kalkulator kita bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan hasil dari proses pengolahan angka.
Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.

Awal mula kalkulator berasal dari alat hitung kuno yang bernama Sempoa. Sempoa atau sipoa atau dekak-dekak adalah alat kuno untuk berhitung yang dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik yang bisa digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat.
Sempoa telah digunakan berabad-abad sebelum dikenalnya sistem bilangan hindu arab dan sampai sekarang masih digunakan pedagang di berbagai belahan dunia seperti di Tiongkok.
Sempoa sering digunakan sebagai alat hitung bagi tuna netra, karena manik-manik pada sempoa dapat dengan mudah dirasakan dengan jari-jari. Sehelai kain lembut atau selembar karet biasanya diletakkan dibawah sempoa untuk mencegah manik-manik bergerak secara tidak sengaja. Pernahkah teman-teman berfikir bagaimana cara membuat kalkulator? bagaimana proses yang dilakukan sebuah kalkulator untuk  menghitung? bagaimana caranya kita menginput operasi bilangan dan menghasilkan keluaran yang benar? Nah jika belum pernah berarti teman-teman tidak salah mengunjungi blog ini, karena pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah cara bagaimana membuat kalkulator sederhana menggunakan pascal.



uses wincrt;
var x,y,hasil:real;
jawab:char;
begin
  write ('masukan angka ke-1:');readln (x);
  write ('pilih operator: (+)/(-)/(*)/(/)');readln (jawab);
  write ('masukan angka ke-2:');readln (y);
  if ( jawab= '+') then
  begin
    hasil:= x+y
  end;
  if ( jawab = '-') then
  begin
    hasil:= x-y
  end;
  if ( jawab = '*') then
  begin
    hasil:= x*y
  end;
  if (jawab='/') then
  begin
    hasil:= x/y
  end;
  write ('hasilnya: ',(hasil):5:2);
end.

uses crt;
var
b1, b2,i, operasi:integer;
hasil:real;

begin
clrscr;
write ('bilangan 1=');
readln (b1);
write ('bilangan 2=');
readln (b2);
write ('operasi = 1(+) 2(-) 3(/) 4(*) 5(^)');
readln (operasi);
hasil:=1;

if (operasi = 1) then
hasil := b1+b2
else if (operasi=2)then
hasil := b1-b2
else if (operasi=3) then
hasil := b1/b2
else if (operasi=4)then
hasil := b1*b2
else if (operasi=5) then
for i:=1 to b2 do
begin
hasil :=hasil*b1;
end;
writeln('hasilnya=',hasil:7:2);
readln;
end.

Demikianlah listing program kalkulator sederhana, semoga bermanfaat. Baca juga program penghitung rata rata tinggi dan rendah. adsense 336x280

0 Response to "program kalkulator sederhana"

Post a Comment

Tinggalkan komen Anda disini